Cara Merawat Ikan | Info Harga Ikan Hias | Ternak Ikan Hias

Saturday, June 29, 2019

Cara Mambedakan Ikan Discuss Jantan dan Betina dengan mudah

Bagaimana cara membedakan ikan discus jantan dan betina Cara Mambedakan Ikan Discuss Jantan dan Betina dengan mudah

omikan86.blogspot.com - Sebagai pecinta ikan, khususnya ikan discuss, cara membedakan ikan discuss jantan dan betina ini wajib untuk diketahui. Ikan yang memiliki nama lain fish 0 ini merupakan salah satu jenis ikan yang banyak sekali penggemarnya. Hal ini tentu karena keunikan dari ikan Discuss itu sendiri, dimana ikan Discuss memiliki tubuh yang bundar serta hadir dengan corak yang sangat indah.

Habitat mulanya ikan Discuss ini terdapat di rawa-rawa yang berada di daerah Amerika bagian Selatan. Meskipun demikian, ikan Discuss tetap hidup di alam terbuka. Nah ternyata, beberapa konsumen ikan jenis ini masih kesulitan untuk membedakan jenis jantan dan betina. Berikut ini beberapa perbedaan yang mudah untuk diketahui.

Daya Tarik Ikan Discuss


Bagaimana cara membedakan ikan discus jantan dan betina Cara Mambedakan Ikan Discuss Jantan dan Betina dengan mudah


1. Memiliki Bentuk Tubuh yang Unik

Kebanyakan ikan memiliki tubuh yang memanjang. Sangat berbeda dengan jenis ikan satu ini. Ikan Discuss memiliki bentuk tubuh yang sangat unik. Bentuk tubuhnya bulat seperti cakram. Selain itu, pada bagian sirip punggungnya memiliki bentuk yang panjang serta menjuntai sampai pada bagian ekornya.

2. Memiliki Warna yang Menarik

Keberadaan garis tubuh yang melintang mulai dari bagian ujung ekor sampai kepala menjadikan ikan Discuss semakin menarik. Dengan bentuk tubuh seperti itu, maka ikan Discuss akan semakin menarik denganw warna-warna yang sangat indah.

3. Habitat Asli Berupa Ikan Tawar

Secara sekilas, ikan Discuss memiliki bentuk mirip dengan ikan laut. Akan tetapi ternyata habitat ikan ini adalah dari air tawar. Jenis ikan ini juga dikenal dengan gaya berenang yang lambat.

4. Ikan Discuss Berasal dari Sungai Amazon

Ikan Discuss ternyata berasal dari Sungai Amazon. Ikan ini lebih senang dengan arus sungai yang tenang serta tidak terlalu deras. Di Sungai Amazon, ikan ini sangat senang berada di ranting serta dedaunan atau akar pohon.

Baca juga: Tips Cara Memelihara Ikan Discus

Cara Membedakan Ikan Discuss Jantan dan Betina dengan Mudah


Bagaimana cara membedakan ikan discus jantan dan betina Cara Mambedakan Ikan Discuss Jantan dan Betina dengan mudah

1. Perbedaan Pada Bagian Kepala


Cara yang cukup mudah Anda gunakan untuk mengetahui ciri-ciri dari jenis ikan jantan dan betina yaitu dnegan melihat bagian kepala ikan itu sendiri. Anda bisa memperhatikan bagian mulut serta hidungnya. Ikan Discuss jantan memiliki mulut dengan ukuran agak besar, pada bagian sekitar hidungnya agak bengkok serta bibirnya nampak menjulang ke atas dengan jidat lebih menonjol.

Ciri tersebut sangat berbeda dengan ikan Discuss betina. Jenis ikan ini memiliki ukuran mulut lebih tipis dibandingkan ukuran bibirnya. Selain itu, hidungnya juga tidak membengkok serta bagian bibirnya tipis simetris. Secara keseluruhan, ikan Discuss betina memiliki bagian kepala yang membulat.

2. Perbedaan Pada Bagian Sirip Belakang atau Dubur


Ikan Discuss jantan memiliki bentuk dubur yang agak membulat. Berbeda dengan ikan Discuss betina yang memiliki bentuk dubur bulat total. Akan tetapi, jika Anda masih pemula, maka akan sulit untuk melihat perbedaan pada bagian ini. Untuk itu, silahkan Anda tanya langsung ke penjual untuk memastikannya.

3. Perbedaan Pada Bagian Warnannya


Ternyata, warna ikan Discuss jantan dan betina juga sangat berbeda. Jika masih bingung, silahkan Anda perhatikan pada bagian warnannya. Ikan Discuss jantan memiliki warna yang lebih cerah ketika dirinya sedang birahi.
Sangat berbeda dengan ikan Discuss betina. Meskipun sedang birahi, namun warnanya tidak secerah ikan Discuss jantan.

4. Perbedaan Pada Alat Kelaminnya


Langkah selanjutnya untuk melihat perbedaan antara ikan Discuss jantan dan betina yaitu bisa dengan melihat pada bagian kelaminnya. Anda bisa melihat perbedaan fisiknya dengan menerawang bagian alat kelaminnya.

Mengenai hal ini, bisa dilihat jika kelamin pada ikan Discuss jantan memiliki bentuk yang lebih runcing. Sedangkan alat kelamin pada ikan Discuss betina memiliki bentuk yang lebar serta bulat.

Baca juga: Pakan Terbaik untuk Ikan Discus

5. Perbedaan Pada Karakternya


Untuk melihat perbedaan antara ikan Discuss jantan dengan ikan Discuss betina juga bisa dilihat pada bagian karakternya. Anda bisa melihat pergerakan ikan tersebut. Ikan Discuss memiliki pergerakan yang lebih agresif. Berbeda dengan ikan Discuss betina yang memiliki pergerakan lebih lambat.

Baca juga: Informasi Sejarah Ikan Discus

Cara membedakan ikan discuss jantan dan betina ternyata cukup mudah. Semoga uraian di atas bisa bermanfaat untuk kita semua.

Previous
Next Post »

Post a Comment